TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI: SOAL KKPI KELAS XI SEMESTER 1
asep. Diberdayakan oleh Blogger.

SOAL KKPI KELAS XI SEMESTER 1


1.
Selain  Microsoft  PowerPoint, berikut ini yang termasuk software presentasi adalah . . . .

A.
Microsoft Access

D.
ScanSoft OmniPage

B.
Microsoft Publisher

E.
Mozilla Firefox

C.
OpenOffice Impress




2.
Untuk membuka PowerPoint juga dapat dilakukan dengan cara: klik Start ® Run ®. . .  ® OK .

A.
Powerpnt

D.
Power_point

B.
Ppoint

E.
Power point

C.
Powerpoint




3.
Berikut ini yang bukan merupakan bagian dari lingkungan kerja pada PowerPoint adalah . . . .

A.
Menubar

D.
Toolbar

B.
Taskbar

E.
Slide

C.
Titlebar




4.
Melalui menu . . . berikut ini Anda dapat menyisipkan tanggal ke dalam slide.

A.
File

D.
Format

B.
Edit

E.
Insert

C.
View




5.
Selain dengan meng-klik toolbar   , untuk menyimpan file presentasi juga bisa dilakukan dengan menekan tombol fungsi  . . . .

A.
F1

D.
F12

B.
F3

E.
F10

C.
F8




6.
Jika Anda  ingin menyimpan file , di mana file tersebut tidak bisa diedit dan begitu dibuka file tersebut dapat berjalan sendiri, maka sebaiknya Anda menyimpannya dengan tipe . . . .

A.
Presentasi

D.
GIF

B.
Simple file web page

E.
PowerPoint Slow

C.
Design template




7.
Ketika Anda  ingin melakukan editing terhadap font , berikut ini yang bukan merupakan pilihan-pilihan yang ada pada Font style adalah . . . .

A.
Regular

D.
Bold Italic

B.
Bold

E.
Under line

C.
Italic




8.
Jenis perataan (alignment) yang disediakan oleh Microsoft PowerPoint ketika Anda ingin melakukan editing, di antaranya adalah sebagai berikut, kecuali . . . .

A.
Align Left

D.
Align Right

B.
Center

E.
Justify

C.
Centre




9.
Fasilitas dalam PowerPoint yang berfungsi untuk memberikan penomoran pada suatu teks, baik itu penomoran dengan angka , huruf maupun simbol, disebut . . . .

A.
Alignment

D.
Page Numbering

B.
Font Editing

E.
Header and Footer

C.
Bullet and Numbering




10.
Pilihan Fixed pada Date and time, yang berada pada window Header and Footer adalah digunakan untuk menghasilkan tampilan tanggal yang . . . .

A.
berbentuk digital

D.
uptodate

B.
tetap/permanen

E.
selalu berubah

C.
sedang berlaku




11.
Anda memiliki 3 slide dan sedang aktif di slide ke-2, jika Anda memberikan perintah Insert ® New Slide, maka yang terjadi adalah . . . .

A
slide ke-3 turun menjadi slide ke-4 & slide baru berada di slide ke-3

B
slide ke-2 & ke-3 turun menjadi slide ke-3 & ke-4, slide baru menjadi slide ke-2

C
slide ke-1, ke-2 & ke-3 turun menjadi slide ke-2, ke-3 & ke-4, slide baru menjadi slide ke-1

D
slide baru menempati urutan slide ke-4

E
semua salah

12.
Perintah Insert ® Movies and Sounds ® Movie from File, digunakan untuk menyisipkan . . . ke dalam slide.

A.
tabel

D.
film

B.
gambar

E.
slide

C.
grafik




13.
Untuk menerapkan background yang telah Anda pilih untuk menjadi background semua slide yang ada dalam suatu file, maka Anda dapat meng-klik tombol  . . .  pada jendela dialog Background.

A.
Apply

D.
OK

B.
Cancel

E.
Apply to All

C.
Preview




14.
Untuk memilih color scheme, dapat Anda lakukan dengan mengklik menu  . . . ® Slide Design ®  Color Scheme.

A.
View

D.
Tools

B.
Slide Show

E.
Format

C.
Edit




15.
Hal-hal yang dapat Anda  lakukan pengaturannya melalui jendela Custom Animation di antaranya adalah seperti di bawah ini, kecuali . . . .

A.
Order & Timing

D.
Multimedia Settings

B.
Effects

E.
Chart Effects

C.
Background




16.
Anda dapat mengatur efek perpindahan antar slide pada saat menampilkan presentasi, yaitu melalui sub menu . . . .

A.
SlideTransition

D.
Background

B.
Slide Layout

E.
Action Buttons

C.
Slide Design




17.
Jika checklist Automatically after pada jendela Slide Transition Anda aktifkan, berarti . . . .

A.
perpindahan slide terjadi setelah diklik

B.
perpindahan slide diikuti dengan suara

C.
perpindahan slide terjadi setelah ditekan tombol Esc

D.
perpindahan slide berjalan dengan kecepatan medium

E.
perpindahan slide terjadi secara otomatis setelah beberapa detik

18.
File presentasi yang telah Anda buat dapat dijalankan dengan menekan tombol . . . .

A.
F1

D.
F5

B.
F2

E.
F12

C.
F3




19.
Melalui kotak Print what yang berada pada jendela Print, Anda dapat menentukan jenis pencetakan sebagai berikut, kecuali . . . .

A.
Slide

D.
Notes pages

B.
Grayscale

E.
Outline view

C.
Handout









20.
Ketika Anda sedang menjalankan file presentasi, untuk pindah ke slide berikutnya adalah dengan menekan tombol . . . .

A.
L

D.
O

B.
M

E.
P

C.
N









21.
Software yang diluncurkan oleh oleh Microsoft berikut ini, manakah yang paling sesuai untuk menangani masalah basis data?

A.
Microsoft Access

D.
Microsoft Binder

B.
Microsoft Excel

E.
Microsoft Publisher

C.
Microsof Word




22.
Untuk membuka Microsoft Access dapat dilakukan dengan cara: klik Start ® Run ® . . . ® OK

A.
Access

D.
Microsoft access

B.
Ms_access

E.
Microsoft_access

C.
Msaccess





23.
Dalam manajemen basis data, kumpulan dari record dan field akan membentuk . . . .

A.
primary key

D.
tabel

B.
basis data

E.
data

C.
informasi



24
Dalam database Data Akademik, field yang paling tepat untuk dijadikan sebagai field kunci primer adalah . . . .

A.
Nama siswa

D.
Alamat

B.
Nomor induk siswa

E.
Jurusan

C.
Kelas




25.
Dari field-field berikut ini manakah yang bertipe OLE Object?

A.
NIS

D.
Photo

B.
Nama

E.
Keterangan

C.
Kelas




26.
Klik File ®  New ® Blank database ® Tulis nama file-nya ® Create. Serangkaian perintah tersebut digunakan untuk . . .  file basis data.

A.
restore

D.
menghapus

B.
membuat

E.
mengganti nama

C.
Memindahkan




27.
Berikut ini manakah yang merupakan file basis data?

A.
Daftar hadir. Rtf

D.
Nilai.mdb

B.
Data Akademik.xls

E.
Surat.doc

C.
Undangan.docx



28.
Manakah yang bukan merupakan langkah untuk menutup file basis data?

A.
Ctrl + W

D.
Alt + F4

B.
Ctrl + X

E.
File ® Close

C.
Klik tombol  di sudut kanan atas



29.
Jika Anda mengisi Data type pada jendela Table ketika akan membuat file tabel, maka Microsoft Access akan mengisinya dengan . . . .

A.
Memo

D.
OLE Object

B.
Currency

E.
Text

C.
Date/Time




30.
File tabel Daftar yang baru Anda buat, misalnya terdiri atas field-field: NIS (text), Nama (text), Nil Bind (number), Nil Bing (number), Nil Mtk (number), Keterangan (text). Sebelum Anda mengisikan data-datanya, maka field yang berisi data 0 (nol) adalah . . . .

A.
NIS

D.
Nil Bind, Nil Bing, Nil Mtk

B.
Nama

E.
tidak ada

C.
Keterangan




31.
Untuk melakukan penghapusan terhadap suatu record, langkahnya adalah Klik kanan area (cell) di sebelah kiri record tersebut ® Delete record ®  . . . .

A.
Tekan huruf N

D.
Klik No

B.
Tekan Esc

E.
Klik Yes

C.
Klik




32.
Ikon-ikon di bawah ini, yang digunakan untuk menghapus file tabel adalah . . . .

A.
  

D.

B.

E.

C.



33.
Ikon-ikon di bawah ini, yang digunakan untuk mengedit struktur tabel adalah . . . .

A.
  

D.

B.

E.

C.




34.
Di bawah ini yang tidak termasuk merubah struktur tabel adalah . . . .

A.
mengganti field kunci primer

D.
menambah field

B.
mengganti nama field

E.
menghapus field

C.
menghapus record




35.
Pada window Print , Anda klik  All dan pada Number of Copies Anda isi 3 . Jika tabel Anda terdiri dari 2 halaman, ketika Anda klik OK maka printer akan mengeluarkan cetakan sebanyak  . . . lembar kertas.

A.
3

D.
12

B.
6

E.
15

C.
9





36.
Salah satu interface yang disediakan oleh Microsoft Acces, untuk membantu pengguna dalam menjalankan suatu aplikasi dengan lebih komunikatif, adalah . . . .

A.
Table

D.
Form

B.
Query

E.
Page

C.
Report




37.
Pada waktu Anda akan membuat form, secara default, file tabel yang dimunculkan pada kotak Tables/Queries adalah file tabel yang . . . .

A.
terakhir kali Anda buat

D.
terkecil

B.
terbesar

E.
belum ada datanya

C.
pertama kali dibuat




38.
Pada window Form Wizard, tombol manakah yang digunakan untuk memindahkan semua field yang ada di kolom Available Fields ke kolom Selected Fields?

A.
 

D.

B.

E.

C.




39.
Jika pada bagian kanan bawah pada suatu form tampil seperti gambar berikut,  , berarti . . . .

A.
jumlah record-nya = 2

B.
jumlah record-nya = 24

C.
sedang menampilkan record ke-4

D.
jumlah record-nya = 8

E.
sedang menampilkan record ke-2

40.
Saat Anda sedang menjalankan suatu form, untuk menambahkan suatu record baru dapat dilakukan dengan mengklik tombol . . . .

A.
  

D.

B.

E.

C.



0 komentar :

Posting Komentar