TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI: SOAL TIK KELAS X SEMESTER 1
asep. Diberdayakan oleh Blogger.

SOAL TIK KELAS X SEMESTER 1




Pilihlah jawaban yang paling tepat !


1.      Agar perangkat keras computer dapat berfungsi maka diperlukan….
a.       Perangkat lunak
b.      Perangkat tambahan
c.       Perangkat keluaran
d.      Perangkat keras
e.       Perangkat masukan

2.      Tiga unsur dalam computer, yaitu hardware, software, dan brainware. Yang dimaksud dengan brainware adalah ….
a.        Perangkat keras computer
b.      Pelengkap Komputer
c.       Perangkat lunak computer     
d.      Aksesoris Komputer
e.        Pengguna komputer

3.      Langkah-langkah untuk menghidupkan komputer secara benar adalah dengan menekan tombol sebagai berikut
a.       Stabilizer - Monitor – CPU
b.      Stabilizer – CPU - Monitor
c.       CPU - Stabilizer – Monitor
d.      CPU – Monitor – Stabilizer
e.       Monitor – Stabilizer – CPU

4.      Menghidupkan komputer dengan menggunakan tombol power biasa disebut dengan istilah
a.       Cold booting
b.      warm booting
c.       reset
d.      install
e.       defrag

5.      Untuk mematikan komputer dengan sistem operasi windows menggunakan perintah...
a.       START
b.      Shut down
c.       Exit
d.      Power Off
e.       Restart

6.      Bagaimana cara mematikan dan merestart komputer dalam kondisi hang?
a.       Tekan Ctrl + Alt +Del
b.      langsung dimatikan kabelnya
c.       matikan saklar
d.      Tekan Alt+F4
e.       Tekan tombol dipower di CPU

7.      Berikut ini merupakan contoh progam pengolah kata, kecuali . . .
a.       Lotus 123
b.      Star office
c.       Notepad
d.      Word pad
e.       Word perfect

8.      Perangkat penyimpanan disebut juga dengan….
a.       Output deivices
b.      Input deivices
c.       Hardware
d.      Storage deivices
e.       Software

9.      Tombol . . . . digunakan ketika computer mengalami hang atau crash.
a.       Remote
b.      Remove
c.       Reset
d.      Replace
e.       reserve

10.  Aplikasi pengolah kata pada sistem operasi windows adalah…
a.       Microsoft power point
b.      Microsoft excel
c.       Paint
d.      Microsoft word
e.       Run

11.  Pengertian dari data masukan computer adalah. . . .
a.       Semua masukan yang diterima computer
b.      Semua masukan dari computer
c.       Semua keluaran dari kompter
d.      Hasil pengolahan computer
e.       Semua yang di kirim computer

12.  Orang yang melakukan pengoperasian computer disebut. . .
a.       Software
b.      Brainware
c.       Hardware
d.      Cracker
e.       Netter

13.  Informasi komputer adalah . . . .
a.       Masukan yang diterima komputer
b.      Data yang diterima komputer
c.       Hasil pengolahan komputer
d.      Hasil revisi komputer
e.       Hasil pengorganisasian komputer

14.  Urutan proses perputaran informasi komputer adalah . . .
a.       Input-output-user-CPU-user
b.      Input-output-user-CPU-user
c.       User- Input-CPU -output-user
d.      User-Input-output- CPU-user
e.       Input-output-CPU-user –user

15.  Sistem biner di sebut juga dengan . . .
a.       Sistem bilangan basis 1
b.      Sistem bilangan basis 2
c.       Sistem bilangan basis 8
d.      Sistem bilangan basis 10
e.       Sistem bilangan basis 16
16.  Sistem biner terdiri dari dua digit angka, yaitu angka. . . .
a.       4 dan 5
b.      3 dan 4
c.       2 dan 3
d.      1 dan 2
e.       0 dan 1

17.  Satu Byte terdiri dari . . . . bit
a.       4
b.      5
c.       6
d.      7
e.       8

18.   Tiga bagian dari sistem komputer:
(1)Input device
(2)Process device
(3)Output device
(4)outlet device
(5)logout device
yang benar adalah
. .
a.       1-2-4
b.      1-2-3
c.       3-1-2-5
d.      5-4-2-1
e.       1-2-3-4-5

19.  Media penyimpan data yang bersifat sementara adalah …
a.       RAM
b.      Flash disk
c.       Harddisk
d.      Floppy disk
e.       compact disk

20.  Perangkat computer yang digunakan untuk mengatur posisi pointer di layar monitor adalah . . .
a.       Mouse
b.      Keyboard
c.       Monitor
d.      Printer
e.       RAM

21.  Dibawah ini yang merupakan perangkat keras masukan langsung, kecuali . . .
a.       Mouse
b.      Keyboard
c.       Speaker
d.      Joystik
e.       Microphone

22.  Perangkat yang bertugas untuk menerjemahkan perintah secara berurutan disebut dengan . . . .
a.       CPU
b.      CU
c.       ALU
d.      RAM
e.       Memory

23.  Suatu jaringgan komputer yang hanya berhubungan dalam satu lokasi seperti satu gedung perusahaan disebut dengan . . .  .
a.       LAN
b.      MAN
c.       WAN
d.      ATM
e.       GAN

24.  Jaringan computer yang menggunakan media transmisi tanpa kabel disebut. . .
a.       Wireless network
b.      Internet
c.       Intranet
d.      Networking
e.       Cable network

25.  Topologi jaringan berbentuk lingkaran disebut dengan . . . .
a.       Topologi star
b.      Topologi bus
c.       Topologi ring
d.      Topologi delta
e.       Topologi mesh

26.  ASCII memiliki kepanjangan . . .
a.       American standard code for internation international
b.      American standard code for internation interchange
c.       American standard code for international interchange
d.      American standard code for internation intercomp
e.       American standard code for information interchange

27.  Hasil konversi bilangan biner  11011  ke dalam bilangan desimal adalah ……
a.       26
b.      27
c.       28
d.      29
e.       30

28.  Hasil konversi bilangan biner  11111  ke dalam bilangan desimal adalah ……
a.       31
b.      32
c.       28
d.      29
e.       30


29.  Hasil konversi angka 25 yang merupakan bilangan desimal ke dalam bilangan ber basis biner adalah …..
a.       11011
b.      10101
c.       11001
d.      11111
e.       11010

30.  Hasil konversi angka 20 yang merupakan bilangan desimal ke dalam bilangan ber basis biner adalah …..
a.       11011
b.      10101
c.       10100
d.      11111
e.       11001

31.  Kita tidak diperbolehkan mengubah program orang lain, walaupun program tersebut tidak diproteksi, hal ini...
a.       Etika tehadap hak cipta orang lain
b.      kita membuat sendiri
c.       program tidak mengalami perubahan
d.      Biarlah posisi yang bertindak
e.       Kita boleh mengubah karena tidak diproteksi

32.  Yang bukan merupakan etika dan moral terhadap perangkat yaitu. . .
a.       membajak, menyalin, atau menggandakan tanpa seijin pemilik hak paten.
b.      Mengubah,mengurangi atau menambah hasil karya orang lain.
c.       Tidak menggunakan perangkat tidak pada tempatnya
d.      Menyebarkan virus berbahaya
e.       perangkat lunak yang asli.

33.  Berikut ini yang bukan merupakan Kesehatan dan Keselamatan Kerja yaitu.. .
a.       Posisi badan
b.      Posisi tangan
c.       Posisi kaki
d.      Posisi duduk
e.       posisi jari

34.  Bagaimana cara kita menghargai hak cipta atas Kekayaan intelektual
a.       Tidak memakai software bajakan
b.      mengopi karya orang lain untuk dijual belikan kembali
c.       menggandakan software orang lain
d.      mengubahan isi suatu program/software /semua jenis karya orang lain
e.       membeli software ilegal

35.  Sebuah perusahaan akan mengeluarkan sebuah barang baru dapat mendaftarkan ke instansi pemerintah agar tidak di palsukan, di gandakan dll. Hal itu disebut….
a.       hak perusahaan
b.      hak paten
c.       hak kepemilikan
d.      hak asasi
e.       hak bersama

36.  Pasal apakah yang mengatur hak atas kekayaan intelektual(HAKI)
a. undang-undang No. 19 tahun 2001
b. undang-undang No. 20 tahun 2002
c undang-undang No. 19 tahun 2002
d. undang-undang No. 20 tahun 2001
e. undang-undang No. 20 tahun 1945

37.  Boleh kah kita menghack aplikasi orang lain bertujuan untuk senang-senang...
a.       dibolehkan
b.      Dilarang
c.       Wajib
d.      Sunnah
e.       dihukum

38.  Sikap posisi menggunakan computer saat duduk yang baik untuk kesehatan adalah..
a.       Berdiri
b.      Jongkok
c.       Tiduran
d.      Duduk di kursi dengan posisi badan agak tegak
e.       berbaring

39.  Kenapa (HAKI) itu harus dihargai..
a.       biar menghormati yang membuat karya
b.      ingin menindas yang membuat karya
c.       orang lain bisa mengikutinya
d.      keinginan sendiri
e.       ingin menjaga keaslian karya yang membuat

40.  Software yang dapat digunakan secara bebas tanpa minta izin kepada pembuatnya disebut software . . . .
a.       Freeware
b.      Sharing
c.       Demo
d.      Freeline
e.       freedom













** Selamat Ujian **

0 komentar :

Posting Komentar